Jumat, 26 Juni 2009

TEKNIK BERMAIN BILLIARD


Tips Melakukan Rail Shot
Melakukan sodokan agar bola sasaran bergerak di sepanjang bantalan meja hingga masuk ke lubang kerap dianggap sebagai tantangan berat. Pebiliar amatir kerap berasumsi harus menggunakan teknik tertentu. Hanya saja kebanyakan salah pilih. Misalnya menumbuk bola sasaran dan bantalan meja permainan bersamaan, menggunakan efek kanan/kiri agar arah pergerakan bola sasaran mengikuti efek yang digunakan, atau memakai teknik follow shot serta draw shot.

Penggunaan teknik-teknik tadi sama sekali tidak menghasilkan gerakan yang diharapkan. Karena yang terjadi biasanya bola sasaran malah menjauhi bantalan meja permainan. Ini lantaran menyodok bola sasaran yang posisinya menempel di bantalan meja permainan memang tidak bisa dengan teknik biasa.

Teknik yang seharusnya dilakukan adalah mengarahkan sodokan bola bidik ke bantalan meja permainan terlebih dulu. Hasil pantulan antara bola bidik dengan bantalan meja permainan ini yang dimanfaatkan untuk menumbuk bola sasaran.

Tentu saja titik pada bantalan meja permainan yang dituju oleh bola bidik tidak jauh dari posisi bola sasaran. Kalau terlalu jauh jelas bola bidik akan memantul tanpa mengenai bola sasaran sama sekali. Yang diharapkan pantulan bola bidik ini akan menyentuh bola sasaran secara tipis. Teknik ini membuat bola sasaran bergerak secara melenceng, tapi mengarah ke bantalan meja permainan. Maka dengan begitu bola sasaran akan bergerak di sepanjang bantalan meja permainan.

Teknik ini harus dilatih secara rutin. Terutama untuk mempertajam perhitungan titik pada bantalan meja permainan yang dituju bola bidik agar menyentuh bola sasaran pada saat memantul balik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar